Media Penyampaian Pengaduan

Semua pengaduan akan ditangani oleh petugas Customer Service pada

Waktu operasional : Senin - Minggu, 09.00 - 18.00 WIB
Call Center
(021) 80600999
Email
cs@kredito.id
WhatsApp
081119910024
Livechat
aplikasi Kredito
Instagram
@kreditoid
Selain media tersebut di atas, Konsumen dapat menyampaikan pengaduan melalui
Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK) melalui laman resmi OJK di www.ojk.go.id
Dokumen Pengaduan
Penyampaian Pengaduan dilakukan oleh Konsumen dengan turut menginformasikan dan/atau melampirkan dokumen yang dipersyaratkan, antara lain :
  1. Identitas Konsumen;
  2. Jenis dan tanggal pemanfaatan produk dan/atau layanan;
  3. Permasalahan yang diadukan;
  4. Dokumen lain yang diperlukan terkait dengan permasalahan yang diadukan.

Alur Pengaduan

Penerimaan Pengaduan

Konsumen menyampaikan pengaduan melalui :

Call Center
Email
WhatsApp
Livechat
Instagram

Pengaduan Konsumen diterima melalui media penyampaian pengaduan Konsumen

Petugas Customer Service mencatat, melakukan verifikasi informasi Konsumen, dan memeriksa/meminta kelengkapan dokumen/informasi yang ditetapkan

Penanganan Pengaduan
  • Petugas Customer Service melakukan pemeriksaan internal dan analisis terkait pengaduan
  • Petugas Customer Service melakukan eskalasi dan berkoordinasi dengan departemen terkait pengaduan (jika diperlukan)
Penyelesaian Pengaduan
  • Petugas Customer Service menyampaikan penjelasan permasalahan dan/atau penawaran penyelesaian terkait pengaduan kepada Konsumen terkait berdasarkan hasil pemeriksaan internal

Dalam hal layanan pengaduan Konsumen tidak tercapai kesepakatan, Konsumen dapat mengajukan sengketa kepada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK)

Jumlah Pengaduan

Selama tahun 2024, Kredito menerima pengaduan sebanyak 32.700 yang telah ditindaklanjuti sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan.

Berikut ini adalah data penanganan Pengaduan Konsumen oleh Kredito pada tahun 2024:

Kategori PengaduanJumlah PengaduanSelesaiTidak SelesaiDalam Proses
Penagihan
774
774
0
0
Informasi Pembayaran
8,881
8,881
0
0
Informasi Pengajuan
15,359
15,359
0
0
Pembatalan Pinjaman
758
758
0
0
Informasi Tenor
1,096
1,096
0
0
Denda
145
145
0
0
Informasi Tagihan
953
953
0
0
Permintaan Kode OTP
1,487
1,487
0
0
Kendala Pencairan
467
467
0
0
Discount / Pemutihan
2,780
2,780
0
0
Total32,70032,70000